Palestina Resmikan Museum Sejarah Pertama di Tepi Barat

0 25


scaled-full-fc6035168d43b8cefe71TEPI BARAT, muslimdaily.net  – Museum Palestina pertama dibuka pada hari Rabu (18/05/2016) di kota Birzeit dekat kota Ramallah, Tepi Barat, World Bulletin melaporkan, Rabu.

Pembangunan museum, yang berbentuk kapal, didanai oleh pendonor Palestina dan diawasi oleh beberapa LSM Palestina.

Tujuan utama museum adalah melestarikan budaya dan warisan Palestina, menurut penyelenggara proyek.

Museum ini juga dimaksudkan untuk memberikan bantuan pembangunan dan kemanusiaan bagi warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki penjajah Israel, Yerusalem, Jalur Gaza yang diblokade dan “tanah 1948” (sekarang dicaplok Israel), bersama dengan pengungsi Palestina yang sekarang tinggal di Lebanon.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan museum akan “mengabadikan memori rakyat Palestina” dan berfungsi sebagai pengingat kepada generasi mendatang bahwa mereka telah hidup di daratan Palestina sejak jaman dahulu.

“Orang-orang Palestina tidak pernah meninggalkan negeri ini,” kata Abbas pada upacara pembukaan museum pada hari Rabu.

“Museum ini akan memberitahu seluruh dunia bahwa kita tidak akan pergi, bahwa kita akan tinggal di sini dan membangun negara Palestina kita,” tegasnya.

“Warisan Palestina,” Abbas menambahkan, “tidak dapat dilupakan atau diabaikan.”

Direktur Museum Mahmoud al-Huwari, mengatakan kepada Anadolu Agency, Rabu, bahwa ide mendirikan sebuah museum Palestina didiskusikan sejak tahun 1997.

“Museum ini didanai dan dibangun oleh warga Palestina dengan biaya sebesar US $ 28 juta,” katanya.

“Museum dibangun dalam bentuk kapal karena dimaksudkan untuk mewakili sebuah jembatan antara Palestina dan dunia,” tambahnya.

Menurut al-Huwari, baru tahap pertama proyek museum yang telah selesai.

“Kami sekarang memiliki sekitar 12.000 gambar dalam arsip audiovisual dan kami berharap untuk mengumpulkan 1.000 lainnya selama lima tahun ke depan,” katanya.

Omar al-Qattan, direktur tim museum, menekankan bahwa museum “kelas dunia” tersebut  juga ramah lingkungan.

“Kami bekerja sangat keras untuk menyajikan sejarah kita dengan cara menghormati budaya, pengorbanan dan ketabahan Palestina,” kata al-Qattan kepada Anadolu Agency.

“Selain menjadi tempat untuk sejarah dan budaya Palestina, museum juga dibangun sebagai platform untuk dialog,” katanya.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Palestina Resmikan Museum Sejarah Pertama di Tepi Barat"