Pembicaraan dengan Saudi Gagal, Iran Larang Warganya Pergi Haji


980783_1_0512-OHAJJ_standardARAB SAUDI, muslimdaily.net – Iran pada hari Ahad (29/05/2016) mengatakan tidak akan mengizinkan warganya ambil bagian dalam ibadah haji di Makkah tahun ini dan menyalahkan pejabat Saudi, mengklaim bahwa Saudi memunculkan sejumlah “hambatan” sehingga Iran mengeluarkan keputusan tersebut, Al Arabiya News Channel melaporkan, Ahad.

“Setelah dua kali perundingan tanpa hasil apapun karena hambatan yang diajukan Saudi, peziarah Iran tidak akan mengambil bagian dalam ziarah haji yang tahun ini diharapkan berlangsung pada bulan September,” menteri kebudayaan Iran Ali Jannati mengatakan kepada televisi pemerintah.

Para pejabat Saudi mengatakan delegasi Iran mengakhiri kunjungan ke kerajaan pada hari Jumat tanpa mencapai kesepakatan akhir tentang pengaturan jamaah haji Republik Syiah Iran tersebut.

Kementerian haji Arab Saudi mengatakan telah menawarkan “banyak solusi” untuk memenuhi serangkaian tuntutan yang dibuat oleh Iran dalam pembicaraan dua hari.

Kesepakatan telah dicapai dalam beberapa hal, termasuk penggunaan visa elektronik yang dapat dicetak oleh peziarah Iran, saat misi diplomatik Saudi tetap ditutup di Iran, katanya.

Riyadh memutuskan hubungan dengan Teheran pada Januari setelah demonstran Iran membakar kedutaan dan konsulat setelah eksekusi seorang tokoh Syiah terkemuka.

Awal bulan ini, Iran menuduh saingan regionalnya melakukan “sabotase” haji.

Teheran mengatakan Riyadh bersikeras bahwa visa bagi warga Iran dikeluarkan di negara ketiga dan tidak akan membiarkan jamaah diterbangkan dengan pesawat Iran.

Namun kementerian haji Arab mengatakan pada hari Jumat bahwa Riyadh telah setuju untuk mengizinkan Iran memperoleh visa melalui kedutaan Swiss di Teheran, yang membantu kepentingan Saudi sejak hubungan Saudi-Iran diputus pada bulan Januari.

Riyadh juga setuju untuk mengizinkan beberapa operator Iran untuk menerbangkan jamaah haji ke kerajaan meskipun larangan telah dikenakan pada penerbangan Iran menyusul pertikaian diplomatik antara kedua negara, kata kementerian itu.

Pembicaraan pekan lalu adalah upaya kedua oleh kedua negara untuk mencapai kesepakatan mengenai penyelenggaraan haji tahun ini untuk Iran setelah putaran pertama berhasil diadakan pada bulan April di Arab Saudi.

Kementerian Saudi mengatakan pada saat itu bahwa Organisasi ibadah haji Iran bertanggung jawab “di hadapan Allah dan rakyatnya atas ketidakmampuan peziarah untuk melakukan haji tahun ini.”

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Pembicaraan dengan Saudi Gagal, Iran Larang Warganya Pergi Haji"