Pimpinan Terbesar Partai Islam Bangladesh Dihukum Gantung


Motiur Rahman NizamiDHAKA, muslimdaily.net – Pimpinan partai Islam terbesar di Bangladesh Motiur Rahman Nizami dihukum mati, setelah pihak berwenang menolak pengajuan bandingnya atas tuduhan kejahatan perang yang dilakukannya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Asaduzzaman Khan mengatakan pemimpin Partai Jamaat-e-Islami itu menolak untuk mengajukan permohonan grasi presiden.

Seperti yang dilansir Reuters Kamis (12/5), pemerintah setempat memberikan hukuman gantung terhadap pria 73 tahun itu karena dianggap bersalah, dalam kasus kejahatan perang terhadap kemanusiaan selama perang kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan pada 1971 silam.

Eksekusi dilaksanakan pada Selasa (10/5) lalu setelah pada Senin Mahkamah Agung menolak banding terakhir untuk meninjau kembali hukuman mati yang dijatuhkan kepada Nizami.

Wartawan BBC di Dhaka, Akbar Hossain, melaporkan bahwa Motiur Rahamn Nizami adalah pentolan kelima Partai Jamaat-e-Islami yang menjalani hukuman mati selama beberapa tahun belakangan.

Kubu pendukung Pengadilan Kejahatan Perang menyambut hukuman mati atas Motiur Rahman Nizami, namun kubu pendukung Nizami berkeyakinan bahwa pengadilan ini dibentuk atas dasar motif politik belaka. (Reuters,BBC)

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Pimpinan Terbesar Partai Islam Bangladesh Dihukum Gantung"