Sunday 26th September 2021

Quraish Shihab Ungkapkan Tak Terangsang Lihat Wanita Pakai “U Can See”


Acara Tafsir Al Mishbah Metro TV (IST)


Qurasih Shihab mengeluarkan pernyataan kontroversi saat mengisi acara Tafsir Misbah menjelang buka puasa di Metro Tv, Rabu (8/6).  Ia mengatakan, tidak terangsang melihat wanita menggunakan pakaian “U Can See”

Anda pun dapat melihat pernyataan doktor Ilmu Tafsir alumni Al Azhar itu di situs Metro Tv: http://video.metrotvnews.com/ramadan/aNrLXlEk-tafsir-al-mishbah-qs-asy-syu-ara-190-201-4

Pernyataan kontroversi ini saat bintang tamu Zee Zee Shahab menanyakan jilbab Syar’i.

Zee Zee Shahab merupakan artis yang sudah memutuskan memakai jilbab. Ia menanyakan kepada Quraish Shihab. “Sebetulnya defisi hijab Syar’i itu apa?” tanya Zee Zee.

Berikut transkip pernyataan Quraish Shihab”
Hijab itu pada mulanya berarti tirai. Jadi berbicara hijab syari’ tirai yang menutup aurat.

Aurat laki-laki itu apa, ada dua pendapat, ada yang berkata dari pusar sampai dengkul, ada yang berkata di antara keduanya.

Kalau kita bicara aurat perempuan itu banyak pendapat, ada yang berkata seluruh tubuhnya termasuk wajah dan matanya. Jadi ia tutup pakai kacamata hitam, ada yang berkata mata boleh, ia pakai cadar, ada yang berkata wajah dan telapak tangan, ada yang berkata sampai lengan, beda-beda pendapat, kalau saya ditanya, mana yang terbaik? kayak Zee Zee. Tetapi saya tidak bisa berkata pada orang yang terhormat, nampak setengah lengannya atau nampak betisnya, tidak muslim karena ada berbagai pendapat.

Jangan sampai pakaian atau tingkah laku itu menimbulkan sikap pelecehan atau rangsangan terhadap orang lain. Dulu, ada yang berjalan, kaki pakai gelang. Al Quran, jangan kau pukulkan kakimu kalau kamu punya gelang.

Selanjutnya pembawa acara Hilmar Dunar tanya ke Qurasih Shihab, “Kembali ke tujuannya khan Pak Quraish, tidak mancing hawa nafsu laki-laki?

Quraish shihab menjawab: Ada yang berkata tidak begitu, katakanlah yang pakai u can see, saya tidak terangsang (menit 3: 43). kita harus toleran selama masih ada pendapat yang membenarkan pendapat itu. Jangan paksakan orang pakai jilbab syari’ yang Anda Pahami (sambil mengarah ke Zee Zee).*/suaranasional.com – 09/06/2016

***

Quraish Shihab Bukan Mufasir Al Quran!

Quraish Shihab0001

Pati, Ahad (15/12/2013) di masjid Al-Islam di kota Pati Jawa Tengah, saat kajian rutin kitab hadits Jamius Shohih Bukhari bersama beliau Ust Mustaqim,LC yang lebih terkenal dalam dunia media Sang Singa Tauhid dari Pantura  atau Mantan Santri Tambak Beras Jombang ini kembali membuat tercengang para jama’ahnya.

Setelah menerangkan beberapa Hadits yang dibaca saat kajian sore itu, tibalah saat tanya jawab, maka sontak ada jama’ah yang menanyakan persoalan pada beliau.

“Ust sampai hari ini saya terheran-heran, mengapa orang sekelas Quraish Shihab yang mengarang tafsir Al Misbah dan mendapatkan pujian dari banyak kalangan kok mengatakan bahwa jilbab itu adalah produk budaya bukan sebuah kewajiban, sebenarnya beliau ini mufasir atau apa Ust?” demikian pertanyaan yang di sampaikan.

Tanpa panjang lebar, Ust yang lama belajar di negeri piramid Mesir ini menjawab dengan tegas “ooo perlu jamaah ketahui bahwa Quraish Shihab itu bukan seorang Mufasir, dia cuma seorang lulusan S3 di Mesir yang mempelajari tentang tafsir Al quran, jadi kita harus bisa membedakan orang yang sedang belajar dengan ahli itu beda”.

Kemudian beliau menceritakan kejadian menarik bersangkutan dengan Quraish Shihab waktu di Mesir, kata Ust yang kini tinggal di Pati ini “saya masih ingat tahun 1997 saat itu kami mahasiswa yang belajar di al Azhar Mesir dikumpulkan untuk mendengarkan presentasinya bersangkutan dengan jilbab. Setelah panjang lebar dia menerangkan, akhirnya dia mengatakan “saya tidak menemukan satu ayat pun dalam tafsir imam qurthubi yang berjumlah hampir 3 jilid itu, tentang diperintahkannya wanita berjilbab, akan tetapi imam al Qurtubi mengatakan bahwa itu adalah produk budaya” dengan sangat sungguh-sungguh ust yang sekarang lebih memilih jualan di pasar  itu menceritakan.

kemudian beliau melanjutkan “setelah itu tiba-tiba ada wanita bercadar berdiri dimana dia adalah seorang mahasiswi al Azhar yang berasal dari Kalimantan mengatakan “maaf bapak, saya telah membaca tafsir imam al Qurtubi hingga lima kali khatam, akan tetapi saya tidak pernah menemukan kalimat bahwa jilbab itu adalah hasil produk budaya, di halaman berapakah kalimat itu berada? wahh langsung saja mixnya di berikan MC lalu ke belakang” demikian akhir kisahnya.

Beliau Ust Mustaqim,Lc juga mengatakan sangat beda antara orang yang belajar dalam bidang al Quran meskipun dia seorang profesor dengan seorang Mufasir, karena seorang Mufasir pasti akan menyelaraskan amal dan ilmunya, sedangkan Quraish Shihab membiarkan anaknya telanjang tanpa jilbab.

Semoga umat Islam Indonesia tidak terkecoh kepada para Ulama atau Asatidz yang bertitle tinggi tapi liberal dibandingkan para penyeru tauhid yang lurus. (KSL)

Sumber Berita: islamlagi.com –  Senin, 16 Desember 2013

***

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Quraish Shihab Ungkapkan Tak Terangsang Lihat Wanita Pakai “U Can See”"


Top