RUU Bipartisan Lolos, Keluarga Korban 9/11 Dapat Ajukan Tuntutan ke Arab Saudi


911WASHINGTON, muslimdaily.net – Senat AS pada hari Selasa meloloskan RUU yang memungkinkan keluarga korban 9/11 untuk menuntut pemerintah Arab Saudi, World Bulletin melaporkan, Selasa (17/05/2016).

Langkah ini menegur Gedung Putih dan mengancam ekonomi Riyadh.

RUU bipartisan yang disponsori oleh Senator Demokrat Charles Schumer dari New York dan Senator Republik John Cornyn dari Texas tersebut telah disetujui oleh pemungutan suara.

Senator mendesak DPR untuk mengikuti dengan melewati pengukuran.

RUU yang berjudul Keadilan Terhadap Sponsors Aksi Terorisme (Justice Against Sponsors of Terrorism Act), telah terhenti dalam ruang dewan selama berbulan-bulan saat Gedung Putih dan Ketua DPR Paul Ryan menyatakan keprihatinan mereka tentang ketentuan di dalamnya, dan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell tetap enggan mendukung.

Arab Saudi mengancam akan menarik aset mereka dari AS sekitar $ 750 miliar jika RUU itu ditandatangani menjadi undang-undang.

Gedung Putih mengatakan awal bulan ini bahwa Presiden Barack Obama akan memveto RUU tersebut, mencatat bahwa RUU itu bisa mengekspos risiko hukum Amerika di luar negeri.

Dukungan untuk RUU tumbuh saat pemerintahan Obama membebani deklasifikasi laporan serangan 11 September 2001 28 halaman, yang diduga menunjukkan jaringan yang didanai Saudi untuk 19 pembajak yang menerbangkan pesawat ke menara World Trade Center dan Pentagon.

Jika RUU tersebut menjadi undang-undang, keluarga korban 11 September akan memiliki hak untuk menuntut pemerintah Arab Saudi di pengadilan Amerika atas kemungkinan adanya peran Pemerintah Kerajaan dalam serangan.

RUU ini juga akan mematahkan dugaan link teroris negara lain dan manfaat kekebalan kedaulatan mereka di pengadilan federal AS.

Senat Demokrat banyak yang mendukung RUU tersebut, termasuk Pemimpin Minoritas Harry Reid.

 

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "RUU Bipartisan Lolos, Keluarga Korban 9/11 Dapat Ajukan Tuntutan ke Arab Saudi"