Saudi Beberkan Alasan Mengapa Negaranya Larang Iran Tunaikan Haji


hajiRIYADH, muslimdaily.net – Mengenai kabar pelarangan jamaah asal Iran untuk melaksanakan haji pada tahun ini, kabinet kerajaan Saudi menegaskan kembali berkomitmen nagranya untuk memastikan umat Islam dari seluruh dunia dapat menunaikan ibadah haji.

Seperti yang dilaporkan laman Saudi Press Agency, Selasa (17/5) dalam pertemua kabinet yang dipimpin langsung oleh raja Salman, Saudi secara sepakat menegaskan penentangannya terhadap penolakan Iran untuk mengizinkan rakyatnya menghadiri haji tahun ini.

Dalam hal ini kabinet Arab Saudi berargumen bagaimana pejabat dari kerajaan telah bertemu dengan perwakilan untuk urusan haji dari Republik Iran, guna membahas pengaturan dan persyaratan urusan peziarah Iran seperti Negara-negara lain dari seluruh dunia.

Menurut seorang pejabat Saudi selama pertemua kedua Negara berlangsung, delegasi Iran menolak untuk menandatangani berita acara kesepakatan dalam penyelesaikan pengaturan untuk jamaah mereka.

iran saudiPertemuan yang berlangsung beberapa saat tersebut akhirnya menyimpulkan untuk menghentikan layanan haji bagi jamaah haji Iran, karena penolakan para pejabat negara itu memberikan kewenangan lebih bagi Saudi untuk peraturan khusus bagi jamaah haji asal Iran.

Sebelumnya, tersebar kabar Saudi secara sepihak melarang para peziarah asal Iran melaksanakan haji di tanah suci pada tahun ini. Langkah itu dianggap sebagai timbal balik atas prilaku jamaah iran dan serta negaranya yang kerap melakukan keonaran baik di tanah haram juga dibeberapa Negara Islam.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Saudi Beberkan Alasan Mengapa Negaranya Larang Iran Tunaikan Haji"