Sebanyak 19.000 Warga Sipil telah Keluar dari Fallujah

0 48


479FALLUJAH, muslimdaily.net  – Warga sipil yang melarikan diri dari kota Fallujah yang dikuasai Islamic State (IS) sekarang berjumlah 19.000, Menteri Irak untuk Migrasi dan Perpindahan Jassim Mohamed mengatakan pada hari Senin, lansir World Bulletin Selasa (14/06/2016).

“Sejak awal operasi (oleh tentara untuk merebut Fallujah dari kelompok IS), warga sipil yang terperangkap di dalam kota mengambil risiko berat untuk keluar,” kata Mohamed.

“Data kami menunjukkan bahwa warga sipil yang telah meninggalkan kota sejauh berjumlah hampir 19.000,” tambahnya. “Sebagian besar telah menemukan tempat yang aman di kota Amiriyah di pinggiran Fallujah.”

Mohamed melanjutkan untuk dicatat bahwa banyak masyarakat sipil yang mencoba melarikan diri dari kota itu pernah mengalami kekerasan oleh milisi Syiah yang ambil bagian dalam operasi militer untuk merebut kota dari IS.

“Pejabat Kementerian adalah bagian dari sebuah komite yang dibuat oleh Perdana Menteri Haidar al-Abadi untuk menyelidiki kejahatan miisi Syiah yang dilakukan terhadap warga sipil di Fallujah,” katanya.

“Kami sekarang menunggu laporan resmi komite,” tambah Mohamed.

“IS tidak membiarkan 50.000 orang yang masih tetap terjebak di kota untuk melarikan diri. Mereka ingin menggunakannya sebagai perisai manusia,” katanya.

Mohamed menunjukkan bahwa pemerintah Irak telah mendirikan dua kamp – masing-masing memiliki 2.500 tenda – untuk keluarga yang tinggal dekat dengan daerah pertempuran.

“Kamp-kamp tersebut sangat tidak layak, tidak ada fasilitas infrastruktur yang tersedia,” katanya. “Bentrokan intens berlangsung sangat dekat; sulit untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk penghuni kamp.”

Terletak di sepanjang Sungai Efrat sekitar 50 kilometer (sekitar 30 mil) di barat ibukota Baghdad, Fallujah – yang jatuh ke tangan IS pada awal 2014 – diyakini menjadi rumah bagi sekitar 90.000 warga. Fallujah adalah kota terbesar di provinsi Anbar, Irak barat.

Menurut PBB, lebih dari 3,4 juta orang di negara itu kini mengungsi – lebih dari setengah adalah anak-anak – sementara lebih dari 10 juta lainnya sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Sebanyak 19.000 Warga Sipil telah Keluar dari Fallujah"