Seberapa Petingkah Olahraga Bagi Muslimah

0 33


Indira Kaljo

Indira Kaljo

BERLIN, muslimdaily.net – Pemain basket berhijab asal Jerman ini telah menginspirasi banyak orang, konsistensinya untuk terus berhijab dalam beberapa ajang basket kelas internasional membuat wanita kelahiran Bosnia ini membuat banyak orang kagum padanya, terutama mengenai keputusanya untuk terus menutup auratnya.

Indira Kaljo, wanita berdarah AS lahir di Bosnia ini telah menarik perhatian asosiasi basket dunia atas alasanya untuk terus mengenakan jilbab, meski saat ia turun kelapangan untuk bertanding. Keputusannya itu pernah membawanya kesulitan untuk menjalani turnamen, namun akhirnya langkah istiqamahnya untuk berjilbab membawa kemudahan pada dirinya.

Diusianya yang kedelapan, sosok Indira Kaljo mengaku mendapat banyak pengajaran dari ayahnya soal berenag, namun menginjak usianya yang mulai dewasa ia mengaku tak lagi begitu tertarik dengan dunia renag dan beralih ke basket. Menurutnya sebagai Muslim yang taat, olahraga merupakan sebuah anjuran yang telah ditetapkan dalam agama.

Kali ini Universitas Paderborn, Jerman berkempatan melakukan banyak diskusi ringan dengan salah satu staf universitas, Tuba Isik mengenai hubungan Islam dengan olah raga. Apakah Muslim baik laki-laki dan wanita juga harus melakukan olahraga. Untuk pertanyaan awal, Apa Al-Quran pernah berbicara soal olahraga?,

tuba isik

tuba isik

Menurutnya, ada dua sumber bimbingan utama bagi Muslim, pertama adalah Alquran, dan yang kedua adalah tindakan dan ucapan Nabi Muhammad (Sunnah). Al-Quran sendiri telah menyebutkan prihal olahraga, namun tak secara rinci. Sedang dalam sunnah, Nabi telah menganjurkan untuk melakukan olahraga lari, belajar menunggang kuda, berenang, dan memanah.

“Namun beberapa Muslim telah mengambil kesimpulan secara harfiah anjuran ini, sementara lainya memilih untuk memahaminya sebagai tidakan umum dalam olahraga dan gerakan fisik, dan ini telah cocok dengan Al-Quran.” Ujarnya.

Isik mengambil cotoh tentang petinju Muhammad Ali saat ia memutuskan menjadi seorang Muslim, banyak pihak yang mendiskusikan apakah kotak dan olahraga rawan cedera lainnya diperbolehkan. Pada akhirnya Muslim akan menemukan kesimpuan mereka sendiri berdasarkan panduan mereka.

Saat ditanya seberapa penting olahraga dalam masyarakat Islam, terkhusus Muslimah?, ia menjelaskan kesadaran secara besar akan tubuh yang sehat dan berbudaya juga meningkat kalangan umat Islam, dan memicu lebih banyak olahraga dari sebelumnya. Perkembangan ini tercermin dalam olahraga kompetitif internasional, sayangnya kami tahu itu biasanya hanya ketika atlet menuntut hak untuk berlatih olahraga mereka dengan menggunakan jilbab, seperti baru-baru ini pemain basket Bosnia Indira Kaljo. Atau jika wanita Muslim muncul dalam olahraga tradisional laki-laki seperti Berliner Boxmeisterin Zeina Nassar.

Category: Sport
No Response

Leave a reply "Seberapa Petingkah Olahraga Bagi Muslimah"