Sejak Awal 2016, Israel Tahan 65 Nelayan Palestina Tanpa Peradilan


gaza-fishermenGAZA, muslimdaily.net – Sejak awal tahun 2016 penjajah Zionis telah menangkap dan menahan 65 nelayan Palestina dalam 58 aksi serangan di lepas pantai Luar Jalur Gaza, seperti data yang berhasil dirangkum oleh badan HAM.

Lembaga HAM “Mizan Center” dalam keterangan yang dirilis pada hari Ahad (22/5), menegaskan adanya eskalasi signifikan pada pelanggaran yang dilakukan penjajah Zionis terhadap para nelayan sejak awal tahun 2016.

Seperti yang dilansir laman PIC, Mizan Center mengingatkan terjadinya peningkatan serangan setelah penjajah Zionis mengizinkan para nelayan Palestina melaut hingga 9 mil di wilayah tengah dan selatan laut Jalur Gaza pada 3 April lalu.

Pasukan penjajah Zionis melancarkan 58 kali serangan terhadap para nelayan Palestina di tengah laut dan menangkap 65 nelayan, 10 di antaranya adalah anak-anak. Sementara itu 6 orang nelayan terluka akibat serangan tersebut.

Setidaknya ada 22 perahu nelayan Palestina yang dirampas dalam 16 peristiwa penyerangan. Sementara itu perbekaran dan peralatan para nelayan dirusak dalam 10 peristiw penyerangan, peristiwa terakhir adalah penangkapan 10 nelayan termasuk seorang bocah, dan perampasan 5 perahu nelayan.

Ditegaskan bahwa tidak adanya penuntutan hukum (pengadilan) atas para nelayan, membuktikan bahwa serangan-serangan yang dilakukan penjajah Zionis tersebut hanyalah untuk meneror para nelayan dan sebagai hukuman kolektif yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Sejak Awal 2016, Israel Tahan 65 Nelayan Palestina Tanpa Peradilan"