Sharing Dakwah Media di Unnes Sadarkan Generasi Muslim akan Pentingnya Media


Pimerd muslimdaily.net -Zulfikri- sedang memberikan materi

Pimerd muslimdaily.net -Zulfikri- sedang memberikan materi

SEMARANG, muslimdaily.net– Teras Dakwah, sebuah lembaga sosial yang aktif mengadakan kajian teras di Jogja ini hari Sabtu (28/5/2016) mengisi Islamic Media Training di Universitas Negeri Semarang. Acara yang diselenggarakan oleh UKKI Unnes dan media rohis se-Unnes ini mengangkat tema “Kisah Peradaban dalam Bingkai Sang Mujahid”. Di ruang C3 121 FE Unnes, Kang Akhid, ketua Teras Dakwah bersama 4 anggota Teras Dakwah yang lain berbagi ilmu dakwah media lembaga tersebut.

“Dakwah butuh kualitas bukan hanya kuantitas. Oleh karena itu kita harus pasang strategi untuk agenda-agenda dakwah kita,” tutur Luqman mewakili divisi media mengawali talkshow.

Ia membeberkan beberapa tips kajian Teras Dakwah, diantaranya membuat tema yang asyik, desain menarik, dan branding.

“Tema dan desain yang menarik akan membangun kepercayaan jamaah. Saat branding sudah terbangun, sudah dikenal, terpercaya, informasi tersampaikan dengan baik in syaa Allah jamaah akan berdatangan dengan sendirinya.”

Divisi media Teras Dakwah pun menceritakan pengalaman mereka dalam hal media. Di awal-awal pendirian mereka masih menggunakan media konvensional berupa menyebar pamflet ke penjuru Jogja. Saat itu, jumlah jamaah kajian belum sebanyak sekarang. Namun kini, untuk kajian rutin mereka mengoptimalkan media sosial. Sedangkan untuk event-event besar selain mengoptimalkan media sosial juga dengan media konvensional seperti leaflet, baliho, dan rontek. Betapa efektifnya media, salah satunya terbukti saat Teras Dakwah mengadakan kajian Yuk Ngaji oleh Ustadz Felix Siauw yang hanya memaksimalkan media sosial, jamaah membludak hingga 1.500an orang.

“Bagaimanapun, content is king. Tidak mungkin pengunjung akan betah di akun kita kalau hanya seperti rumah kosong yang tidak ada isinya apa-apa,” lanjut Hendra dari bagian IT.

Pimerd muslimdaily.net -Zulfikri- sedang memberikan materi

Pimerd muslimdaily.net -Zulfikri- sedang memberikan materi

Oleh karena itu, media sosial kita harus rajin-rajin update foto kegiatan. Ini akan menunjukkan eksistensi global lembaga kita.

Perlu diperhatikan, bahwa media sosial hanya alat. Keberhasilan akan bergantung pada strategi dan cara pengoptimalan. Memahami target dakwah, media yang harus digunakan, lingkungan, strategi dan rencana kerja, konten yang menarik, ukuran kesuksesan, dan evaluasi merupakan trik yang diberikan oleh Teras Dakwah agar dakwah media optimal.

“Sekarang jaman medsos, tapi jangan lupa silaturahim ya,” tutup Kang Akhid dalam training ini.

Reporter: Titin

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Sharing Dakwah Media di Unnes Sadarkan Generasi Muslim akan Pentingnya Media"