Taliban Angkat Pemimpin Baru, Syeikh Haibatullah Akhundzada


taliban-afghanistanAFGHANISTAN, muslimdaily.netImarah Islam Afghanistan (Taliban) telah mengangkat Haibatullah Akhunzada sebagai Amir baru Taliban, kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (25/05/2016) yang memberi konfirmasi resmi pertama Taliban bahwa mantan pemimpin Syeikh Mullah Akhtar Mansour telah gugur, syahid, dalam serangan pesawat tak berawak (drone) AS, kantor berita Reuters melaporkan, Rabu (25/05/2016).

“Haibatullah Akhundzada telah ditunjuk sebagai pemimpin baru Imarah Islam Afghanistan (Taliban) setelah kesepakatan bulat dalam syura (dewan tertinggi), dan semua anggota syura berjanji setia kepadanya,” kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Syeikh Haibatullah Akhunzada adalah mantan kepala majelis Syura Taliban dan wakil Syeikh Mansour.

Juru bicara Taliban, melanjutkan dalam pernyataannya bahwa Syeikh Sirajuddin Haqqani, yang bertanggung jawab sebagai kepala jaringan (dikenal ahli dalam serangan bom high-profile, dan merupakan musuh bebuyutan pasukan AS), dan Syeikh Mullah Muhammad Yaqoob, putra mantan pemimpin Mullah Mohammad Omar, akan menjabat sebagai deputi (wakil).

Pengangkatan Syeikh Haibatullah terjadi setelah dewan tertinggi Taliban mengadakan pertemuan darurat yang dimulai hari Ahad (22/05/2016) di barat daya Pakistan untuk menemukan sosok pemersatu dalam jabatan kepemimpinan.

Sumber Taliban mengatakan para anggota dewan tertinggi menetap di dataran rendah dan terus merubah tempat pertemuan mereka untuk menghindari potensi serangan udara baru.

Syeikh Haibatullah adalah salah satu dari dua deputi di bawah Syeikh Mansour, yang gugur, syahid, dalam serangan pesawat tidak  berawak AS pada hari Sabtu (21/05/2016), dalam sebuah serangan Amerika pertama yang menargetkan pemimpin tertinggi Afghanistan Taliban di wilayah Pakistan.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Taliban Angkat Pemimpin Baru, Syeikh Haibatullah Akhundzada"