Tiga Perempuan Dermawan dalam Sejarah Islam

0 30


Republika/Raisan Al Farisi

Shalat tarawih di bulan suci Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, Sejarah mencatat tokoh-tokoh dari golongan perempuan yang sukses menorehkan prestasi di berbagai bidang, meski perbandingannya masih teramat kecil. 

Budaya patriarki teramat kental dalam masyarakat Arab saat itu. Meski begitu, peradaban Islam menjadi tonggak bangkitnya kemuliaan perempuan. Mereka berperan besar dalam membangun peradaban yang bermartabat.

Ada banyak alasan tentunya mengapa tokoh-tokoh perempuan sepanjang sejarah peradaban Islam tak banyak terungkap meski harus tetap diakui bahwa capaian ini pun jauh lebih baik ketimbang peradaban yang eksis sebelumnya.

Ibnu Sa’ad dalam magnum opusnya di bidang biografi, ath-Thabaqat al-Kubra, hanya memasukkan 629 nama perempuan dari total 4.250 tokoh yang ia catat. Persentasenya hanya sekira 15 persen.

Pemandangan serupa juga akan kita dapatkan saat menelaah kitab Wafiyat al-A’yan karya Ibnu Khalikan yang hanya mencantumkan enam tokoh perempuan dari 826 entri nama.

Berikut ini, di antara perempuan dermawan yang pernah berkontribusi besar dan menyumbangkan kekayaan mereka untuk peradaban Islam.
 

Category: Jejak
No Response

Leave a reply "Tiga Perempuan Dermawan dalam Sejarah Islam"