Upayakan Perdamaian Kembali, PM Prancis Akan Kunjungi Israel dan Palestina



Manuel Valls- Abbas
PARIS, muslimdaily.net
– Perdana Menteri Perancis Manuel Valls akan mengunjungi Israel dan wilayah Palestina bulan ini, dalam upaya untuk meluncurkan kembali proses perdamaian yang sempat memburuk pasca kekerasan semakin meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Seperti yang dilaporkan AFP, Rabu (11/5) dalam rencananya, Valls akan mengunjungi kedua negara pada 21-24 Mei mendatang. Dalam kedatangan tersebut Prancis dan bebera negara Eropa berharap Israel dapat menahan diri serta menghentikan segala tindakan kekerasannya yang dilakukan diseluruh daratan Palestina.

Kunjungan itu sekaligus menjadi upaya awal Prancis menjelang pertemuan yang akan diadakan negara itu dengan para menteri dari 20 negara, guna mencoba dan melancarkan kembali proses perdamaian Israel-Palestina.

Menteri Luar Negeri Prancis Marc Ayrault mengatakan tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mempersiapkan pertemuan puncak internasional pada paruh kedua tahun 2016, yang akan diikuti para pemimpin Israel dan Palestina.

Menurut Menlu Prancis  itu, perjalanan ke Israel juga akan menjadi kesempatan bagi Valls untuk memuluskan perselisihan mengenai resolusi UNESCO baru-baru ini, yang didukung oleh Perancis, yang berbicara tentang “Pendudukan Palestina.”

Valls diagendakan akan bertemu Netanyahu pada 23 Mei mendatang. Dia akan tiba di Israel hari sebelumnya dan juga berencana untuk bertemu dengan Presiden Reuven Rivlin, mantan Perdana Menteri Israel Shimon Peres dan pemimpin oposisi Isaac Herzog.

Sementara pada tanggal 24 Mei dia dijadwalkan melakukan perjalanan ke Ramallah di mana ia akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Upayakan Perdamaian Kembali, PM Prancis Akan Kunjungi Israel dan Palestina"