Warga Sunni Fallujah Resah atas Kehadiran Garda Revolusi Iran dan Milisi Syiah Irak


indexFALLUJAH, muslimdaily.net – Qassem Soleimani, kepala Garda Revolusi elit Syiah Iran, dilaporkan terlihat dengan para pemimpin milisi Hashd al-Shaabi Irak dekat Fallujah di tengah operasi militer yang sedang berlangsung untuk merebut kota dari kelompok IS (Islamic State), World Bulletin melaporkan, Kamis (26/05/2016).

Dalam foto yang diposting online oleh Harakat Hizbullah al-Nujaba – sebuah kelompok paramiliter Syiah Irak, Soleimani terlihat bersama dengan wakil kepala Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis; Pemimpin Harakat Akram al-Kaabi; dan kepala Organisasi Badr Hadi al-Amiri.

Partisipasi milisi Syiah bersama tentara Irak dalam operasi yang sedang berlangsung untuk membebaskan Fallujah dari IS telah memicu kekhawatiran di kalangan masyarakat Sunni akan kemungkinan tindakan pembalasan terhadap warga Sunni kota.

“Sangat mengkhawatirkan bahwa orang asing (referensi untuk Soleimani) telah datang ke Fallujah untuk ‘menyelamatkan’ kota,” kata Fikren al-Ani, dosen ilmu politik di Universitas Al-Nahrain Baghdad.

“Padahal Irak sendiri memiliki pemimpin militer yang berkualitas untuk memimpin operasi ini,” tambahnya.

Menurut sumber setempat, setidaknya 19 warga sipil telah tewas di Fallujah akibat artileri dan serangan udara yang dilakukan oleh tentara Irak dan sekutu mereka sejak serangan dimulai Ahad malam.

Terletak di sepanjang Sungai Efrat sekitar 50 kilometer sebelah barat ibukota Baghdad, Fallujah – yang jatuh ke tangan IS pada awal 2014 – saat ini adalah rumah bagi sekitar 90.000 orang.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Warga Sunni Fallujah Resah atas Kehadiran Garda Revolusi Iran dan Milisi Syiah Irak"